PENGENALAN HARDWARE DAN CARA MERAKITNYA
MOTHERBOARD
Mainboard / Motherboard merupakan salah satu  perangkat dalam komputer  yang digunakan sebagai tempat untuk memasang atau meletakkan beberapa peralatan lain seperti:  Processor, memory, kabel-kabel  data (penghubung)hardisk, Flopy disk, Card (kartu) sepeti:  VGA Card, NIC (kartu jaringan) dan lain sebagainya.
            Beberapa merek Mainboard  antara lain: ECS, ASUS, AS Rack, dan lain sebagainya .
Berikut bagian – bagian dari motherboard :






PROCESSOR
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.
            Biasanya, dibagian atas processor yang terpasang pada motherboard ditambahkan suatu kipas kecil yang disebut cooler fan yang berfungsi sebagai pendingin processor agar tidak mudah panas.
Cara memasangnya dapat dilihat pada gambar berikut :




 Berikut ini adalah tingkatan/level processor Intel dari tahun ke tahun, yang semakin lama semakin canggih, dimana secara garis besar (umum) dimulai dari Intel pentium 1-4, dual core, core 2 duo, core i3, i5, sampai yang paling mutakhir kini i7.

Berikut perkembangan teknologi INTEL pada tahun 1980-1990 an :
-Processor seri MCS4
-Processor 8 bit i8008
-Processor 8085
 -8086-8088 Microprocessor
-286 Microprocessor
-Intel386™ Microprocessor
-Intel486™ DX CPU Microprocessor
-Intel® Pentium® Processor
-Intel® Pentium® Pro Processor
-Intel® Pentium® II Processor
-Intel® Pentium II Xeon® Processor
-Intel® Celeron® Processor
-Intel® Pentium® III Processor
-Intel® Pentium® III Xeon® Processor
Berikut ini adalah perubahan besar dari INTEL Processor pada tahun 2000 an :
-Intel® Pentium® 4 Processor
-Intel® Xeon® Processor
-Intel® Itanium® Processor
-Intel® Itanium® 2 Processor
-Intel® Pentium® M Processor
-Intel Pentium M 735/745/755 processors
-Intel E7520/E7320 Chipsets
-Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
 -Intel Pentium D 820/830/840
-Intel Dual Core
-Intel Core 2 Duo
-Intel Core 2 Quad Q6600


Berikut ini adalah teknologi terbaru INTEL processor 2010 hingga sekarang :
-Intel® Core™ i5 vPro™ processor
-Intel® Core™ i5 vPro™ processor
-Intel® Core™ i7 vPro™ processor
-Intel® Core™ i7 vPro™ processor
-Intel® Core™ i3 processor
-Intel® Core™ i5 processor
-Intel® Core™ i7 processor
-Intel® Core™ i7 processor Extreme Edition
Sementara untuk processor AMD adalah berikut ini :
-AMD K5
-AMD K6
-AMD Duron
-AMD Athlon
-AMD Athlon 64
-AMD Athlon 64Fx
-AMD Sempron
-AMD 64 X2 Dual Core
-AMD Opteron
-AMD Cadiz
-AMD Turion
MEMORY (RAM)
RAM (Random Access Memory) adalah memory tempat penyimpanan sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random. Fungsinya ialah mempercepat pemprosesan data pada komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki, semakin cepatlah komputer.
Cara memasangnya dapat dilihat pada gambar berikut :





Perbedaan RAM DDR, DDR 2, dan DDR 3 :



Ciri – ciri DDR RAM :
-Slot memory untuk DDRAM adalah 192 Pin
-Bentuk DDRAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM)
-Memiliki kecepatan sangat tinggi hingga 1033 Mhz
-Sudah banyak digunakan untuk computer dengan processor Pentium 4
-DDRAM dalam satu clock bisa mengantarkan 2x (doble).
-Hanya memiliki satu key notch



Ciri – ciri SD RAM :
-Slot memory untuk SDRAM adalah 168 Pin
-Bentuk SDRAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM)
-Memiliki kecepatan di atas 100 Mhz
-Banyak digunakan untuk computer dengan processor Pentium 3
-SDRAM dalam satu clock hanya mengantarkan 1x data aja.
-Memiliki dua key notch



HARDDISK
harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan datasekunder dan berisi piringan magnetis. Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik (non-volatile). Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.



Jenis – jenis Harddisk :
A.         IDE Harddisk
             IDE (Integrated Drive Electronics) merupakan standar interface antara bus data motherboard komputer dengan disk storage. Interface dari IDE adalah interface untuk storage devices yang dapat teringrasi untuk disk atau CD-ROM drive. Walaupun IDE merupakan teknologi yang umum, kebanyakan orang menggunakan istilah IDE untuk merujuk pada spesifikasi ATA. ATA (Advanced Technology Attachment) menggunakan 16 bit paralel digunakan untuk mengontrol peralatan komputer, dan telah di pakai selama 18 tahun lebih sebagai standar. Perbedaan SATA dan ATA yang paling mudah adalah kabel data dan power yang berbeda.
B.          SATA Harddisk
             SATA (Serial Advanced Technology Attachment ) dengan 15 pin kabel power dengan 250 mV, tampaknya memerlukan daya lebih banyak di bandingkan dengan 4 pin ATA, tapi dalam kenyataanya sama saja. Dan kemampuan SATA yang paling bagus adalah tercapainya maximum bandwith yang mungkin yaitu sebesar 150 MB/sec. Keuntungan lainya dari SATA adalah SATA di buat dengan kemampuan hot-swap sehinga dapat mematikan dan menyalakan tanpa melakukan shut down pada sistem komputer.
Sedangkan dalam harga, drive SATA lebih mahal sedikit di bandingkan drive ATA , kesimpulanya SATA lebih memiliki keuntungan dibandingkan ATA dalam connector, tenaga, dan yang paling penting performanya. Sekarang standar ATA telah mulai di tinggalkan dan produsen memilih standart SATA.
Berikut penjelasan tentang harddisk :






CD DRIVE
Jenis-Jenis CD Drive :
A. CD-ROM
            CD-ROM kepanjangan dari compact disk read only memori yang artinya bahhwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja.
            Peralatan masukan ini berfungsi untuk membaca data atau program dari  media penyimpan data CD (Compac Disk). Selain kegunaan dasar tersebut CD ROM juga digunakan untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (OPERATING SYSTEM), Game, atau Software-software lainnya.
B. CD-RW
            CD-RW adalah CD drive yang selain berfungsi untuk membaca data atau program dari  media penyimpan data CD (Compac Disk) juga dapat menulis dan merekam data pada CD
CD ROM / CD RW mempunyai kecepatan berbeda-beda antara lain:   40 X, 52 X, dst.


C. DVD-ROM
            Peralatan masukan ini berfungsi untuk membaca data atau program dari  media penyimpan data  baik  CD  atau  DVD.


            D. DVD-RW
             Selain berfungsi untuk membaca data atau program dari  media penyimpan data CD/DVD juga dapat menulis dan merekam data pada CD / DVD.
            DVD ROM / DVD RW mempunyai kecepatan berbeda-beda antara lain:   40 X, 52 X,   dst.


POWER SUPPLY
Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung ke komponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing.
Berikut penjelasan tentang Power Supply :


BATERAI CMOS
Baterai CMOS (disebut juga CMOS RAM atau hanya CMOS) adalah sebuah baterai yang digunakan oleh BIOS untuk tetap aktif meski tanpa aliran listrik. Salah satu kegunaannya untuk mengaktifkan dan menjalankan fungsi jam, serta menyimpan setting BIOS, dan umumnya memakai baterai kancing (Baterai bulat yang pipih, diameter dan ketebalannya bervariasi).


PCI (Peripheral Component Interconnect) SLOT
PCI atau Peripheral Component Interconnect merupakan sebuah bus antarmuka yang didesain untuk menangani beberapa hardware dalam sebuah PC ataunotebook. Bus ini dibentuk dengan tujuan untuk menggantikan bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya.
            Biasanya PCI ditempatkan di sebuah motherboard dalam sebuah slot yang sesuai ukurannya. Slot-slot tersebut digunakan untuk adapter dan tipe PCI itu sendiri. Hardware yang menggunakan slot jenis ini antara lain: VGA card, sound card, modem, TV turner card, network interface card.
Hardware - hardware Yang dipasang pada PCI :

A. VGA CARD
                         VGA Card (Video Graphics Array) adalah kartu pengolah grafisdan mengirimkan data monitor. Pada komputer generasi lama, pengerjaan grafis dibebankan pada prosesor. Komponen VGA diantaranya adalahGPU (Graphics Processor Unit) sebagai pemroses sinyal gambar yang akan ditampilkan ke monitor, Video Memory (RAM dengan kapasitas tertentu), dan RAMDAC (Random Access Memory Digital to Analog Converter) yaitu sebuah chip yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.

B. Sound Card
                        Sound Card adalah perangkat keras computer yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara. Sound Card dibedakan menjadi dua jenis berdarsarkan fisiknya. Sound card memiliki format tata suara yang mendukung system keluaran suara, misalnya sound card yang memiliki 4 chanel harus menggunakan speaker aktif dengan 4 speaker dan 1 subwover untuk mendapatkan hasil yang optimal. Contoh merk sound card yaitu Creative dan Rocketfish.

C. LAN Card
                         Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

D. TV Tuner Card
                        TV tunner adalah komponen komputer  yang memungkinkan sinyal televisi dapat diterima oleh sebuah komputer . Kebanyakan TV tuner juga berfungsi sebagai video capture , yang memungkinkan mereka untuk merekam program televisi ke sebuah hard disk . selain bias dipasang di sebuah PC, ada juga TV tuner khusus yang juga bias dipasang di laptop.TV Tuners tersedia sebagai PCI-bus ekspansi kartu, kartu PCI-Express, atau USB komponen. Metode Saya sarankan adalah USB karena kemudahan penggunaan.
Sebuah fitur rapi kartu TV Tuner bahwa kebanyakan dari mereka dapat mengambil sinyal FM dan Anda dapat menggunakannya sebagai radio melalui komputer Anda juga. Hal ini karena spektrum radio FM terletak di antara Amerika Utara saluran 6 dan 7.

SLOT PCI EXPRESS
                      PCI Express (PCI-E/PCIex) adalah slot ekspansi module, di desain untuk menggantikan PCI bus yang lama. Banyak Motherboard mengadopsi PCI express dikarenakan PCI Express memiliki transfer data yang lebih cepat, terutama untuk keperluan grafis 3D. Slot ini memiliki kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x, 16x and 32x, tidak seperti PCI biasa dengan sistem komunikasi parallel. PCI Express menggunakan sistem serial dan mampu berkomunikasi 2 kali (tulis/baca) dalam satu rute clock.

Categories:

Leave a Reply