Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinyasendiri  dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program ataudokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis  yang menyebardengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapatmerusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputermerasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.
  Ketika virus dimasukkan ke sistem komputer, dapat menempelkan dirinya sendiri ke, atau kadang-kadang bahkan mengganti, program yang ada. Jadi, ketika pengguna menjalankan programtersebut, virus ini juga dijalankan. Hal ini biasanya terjadi tanpa pengguna menyadarinya.
   Berikut beberapa contoh dampak dari virus komputer:
  - Mengurangi kapasitas memori atau disk space.
  - Modifikasi data.
  - Menulis ulang atau merusak file.
  - Menghapus Hard drive

BACTERIA



            Bacteria adalah program yang mengkonsumsi sumber daya sistem dengan mereplikasi dirinya sendiri. Bacteria tidak secara eksplisit merusak file. Tujuan program ini hanya satu yaitu mereplikasi dirinya. Program bacteria yang sederhana bisa hanya mengeksekusi dua kopian dirinya secara simultan pada sistem multiprogramming atau menciptakan dua file baru, masing-masing adalah kopian file program bacteria. Kedua kopian in kemudian mengkopi dua kali, dan seterusnya.

LOGIC BOMB



             Logicbomb adalah logik yang ditempelkan pada program komputer agar memeriksa suatu kumpulankondisi di sistem. Ketika kondisi-kondisi yang dimaksud ditemui, logik mengeksekusi suatufungsi yang menghasilkan aksi-aksi tak diotorisasi.
¢ Logic bomb menempel pada suatu program resmi yang diset meledak ketika kondisi-kondisi tertentudipenuhi.
¢ Contoh kondisi-kondisi untuk memicu logic bomb adalah ada atau tidak adanya file-file tertentu, haritertentu dari minggu atau tanggal, atau pemakai menjalankan aplikasi tertentu. Begitu terpicu, bomb mengubah atau menghapus data atau seluruh file, menyebabkan mesin terhenti, ataumengerjakan perusakan lain.
TRAP DOOR


             Trapdoor adalah Titik masuk tak terdokumentasi rahasia di satu program untuk memberikanakses tanpa metode-metode otentifikasi normal.
—Trapdoor telah dipakai secara benar selama bertahun-tahun oleh pemogram untuk mencarikesalahan program. Debugging dan testing biasanya dilakukan pemogram saatmengembangkan aplikasi. Untuk program yang mempunyai prosedur otentifikasi atausetup lama atau memerlukan pemakai memasukkan nilai-nilai berbeda untuk menjalankanaplikasi maka debugging akan lama bila harus melewati prosedur-prosedur tersebut. Untukdebug program jenis ini, pengembang membuat kewenangan khusus atau menghilangkankeperluan setup dan otentifikasi.
—Trapdoor adalah kode yang menerima suatu barisan masukan khusus atau dipicu denganmenjalankan ID pemakai tertentu atau barisan kejahatan tertentu. Trapdoor menjadiancaman ketika digunakan pemrogram jahat untuk memperoleh pengkasesan takdiotorisasi.
Pada kasus nyata, auditor (pemeriks) perangkat lunak dapat menemukan trapdoor pada produkperangkat lunak dimana nama pencipta perangkat lunak berlakuk sebagai password yangmemintas proteksi perangkat lunak yang dibuatnya. Adalah sulit mengimplementasikan kendali-kendali perangkat lunak untuk trapdoor.

TROJAN HORSE



             Trojan horse adalah Rutin tak terdokumentasi rahasia ditempelkan dalam satu programberguna. Program yang berguna mengandung kode tersembunyi yang ketika dijalankanmelakukan suatu fungsi yang tak diinginkan. Eksekusi program menyebabkan eksekusirutin rahasia ini.
•Program-program trojan horse digunakan untuk melakukan fungsi-fungsi secara tidaklangsung dimana pemakai tak diotorisasi tidak dapat melakukannya secara langsung.Contoh, untuk dapat mengakses file-file pemakai lain pada sistem dipakai bersama,pemakai dapat menciptakan program trojan horse.
•Trojan horse ini ketika program dieksekusi akan mengubah ijin-ijin file sehinga file-file dapatdibaca oleh sembarang pemakai. Pencipta program dapat menyebarkan ke pemakai-pemakai dengan menempatkan program di direktori bersama dan menamai programnyasedemikian rupa sehingga disangka sebagai program utilitas yang berguna.
•Program trojan horse yang sulit dideteksi adalah kompilator yang dimodifikasi sehinggamenyisipkan kode tambahan ke program-program tertentu begitu dikompilasi, sepertiprogram login. Kode menciptakan trapdoor pada program login yang mengijinkanpencipta log ke sistem menggunakan password khusus. Trojan horse jenis ini tak pernahdapat ditemukan jika hanya membaca program sumber. Motivasi lain dari trojan horseadalah penghancuran data. Program muncul sebagai melakukan fungsi-fungsi berguna(seperti kalkulator), tapi juga secara diam-diam menghapus file-file pemakai.
•Trojan horse biasa ditempelkan pada program-program atau rutin-rutin yang diambil dariBBS, internet, dan sebagainya.

VIRUS


           Virus adalah Kode yang ditempelkan dalam satu program yang menyebabkan pengkopian dirinyadisisipkan ke satu program lain atau lebih, dengan cara memodifikasi program-program itu.
•Modifikasi dilakukan dengan memasukkan kopian program virus yang dapat menginfeksi program-program lain. Selain hanya progasi, virus biasanya melakukan fungsi yang tak diinginkan.

•Di dalam virus komputer, terdapat kode intruksi yang dapat membuat kopian sempurna dirinya.Ketika komputer yang terinfeksi berhubungan (kontak) dengan perangkat lunak yang belumterinfeksi, kopian virus memasuki program baru. Infeksi dapat menyebar dari komputer kekomputer melalui pemakai-pemakai yang menukarkan disk atau mengirim program melaluijaringan. Pada lingkungan jaringan, kemampuan mengakses aplikasi dan layanan-layanankomputer lain merupakan fasilitas sempurna penyebaran virus.

•Masalah yang ditimbulkan virus adalah virus sering merusak sistem komputer seperti menghapusfile, partisi disk, atau mengacaukan program.

WORM


      Worm adalah Program yang dapat mereplikasi dirinya dan mengirim kopian-kopian dari komputer ke komputer lewat hubungan jaringan. Begitu tiba, worm diaktifkan untuk mereplikasi dan progasai kembali. Selain hanya propagasi, worm biasanya melakukan fungsi yang tak diinginkan.


KLASIFIKASI TIPE VIRUS :

Berikut Ini Klasifikasi Tipe Virus :

Ò Parasitic virus. Merupakan virus tradisional dan bentuk virus yang paling sering. Tipe inimencantolkan dirinya ke file .exe. Virus mereplikasi ketika program terinfeksidieksekusi dengan mencari file‐file .exe lain untuk diinfeksi.
Ò Memory resident virus. Virus memuatkan diri ke memori utama sebagai bagian program yang menetap. Virus menginfeksi setiap program yang dieksekusi.
Ò Boot sector virus. Virus menginfeksi master boot record atau boot record dan menyebarsaat sistem diboot dari disk yang berisi virus.
Ò Stealth virus. Virus yang bentuknya telah dirancang agar dapat menyembunyikan diri darideteksi perangkat lunak antivirus.
Ò Polymorphic virus. Virus bermutasi setiap kali melakukan infeksi. Deteksi denganpenandaan virus tersebut tidak dimungkinkan. Penulis virus dapat melengkapi denganalat‐alat bantu penciptaan virus baru (virus creation toolkit, yaitu rutin‐rutin untukmenciptakan virus‐virus baru). Dengan alat bantu ini penciptaan virus baru dapatdilakukan dengan cepat. Virus‐virus yang diciptakan dengan alat bantu biasanya kurangcanggih dibanding virus‐virus yang dirancang dari awal.

MENGGUNAKAN KASPERSKY ANTIVIRUS
MEMULAI SCAN


MEMULAI SCAN MENGGUNAKAN SHORTCUT


MELIHAT HASIL SCAN








MENGHENTIKAN PROSES SCAN



Categories:

Leave a Reply